Posted by : Zah Minggu, 01 Oktober 2017








Teknologi di Anime

Sekelompok peneliti di Jepang telah menemukan cara agar pesawat ruang angkasa bisa kembali memasuki atmosfer Bumi lebih aman menggunakan teknologi yang pertama kali dipopulerkan dalam serial anime Mobile Suit Z Gundam.
Sebuah alat berbentuk setengah lingkaran yang disebut “ballute,” digunakan oleh Mobile Suit dalam salah satu seri anime Gundam, Mobile Suit Zeta Gundam, digambarkan mampu mengirimkan kembali mecha tersebut kembali ke Bumi dengan lebih aman melalui atmosfer. Teknologi tersebut kemudian dijadikan bahan penelitian.
Para peneliti Jepang menggunakan metode kembalinya mecha tersebut pada sebuah satelit micro bernama EGG. Hasilnya, ballute mampu mendaratkan satelit tersebut, melalui amosfer lebih perlahan kecepatannya, dan berkat adanya lapisan pelindung panas aeroshell yang melindunginya seperti parasut, satelit tersebut aman melalui atmosfer.
Keberhasilan para peneliti Jepang dalam mengamankan jalan pulang satelit dari luar angkasa ini diumumkan pada 23 Juni lalu. Hal ini juga sekaligus menjadi pemicu dimulainya pengembangan teknologi yang dipercaya mampu mengurangi risiko pesawat luar angkasa mengalami panas berlebihan akibat gesekan dengan atmosfer dalam kecepatan yang sangat tinggi, ketika akan kembali ke Bumi sambil membawa para astronot.
“EGG akan sangat berguna untuk membawa kembali contoh dari luar angkasa, sekaligus menjelajahi planet beratmosfer seperti Mars,” ujar Kojiro Suzuki, salah satu anggota tim peneliti dan juga seorang profesor aerospace engineering di Universitas Tokyo.
Pada bulan Januari 2017 lalu, tim peneliti ini mengirimkan satelit berukuran kecil, hanya 34-sentimeter saja. Satelit ini kembali ke Bumi dari International Space Station (ISS), yang mengorbit sekitar 400 kilometer dari Bumi, dengan dibekali Gossamer aeroshell dan GPS/Iridium” (EGG). Lapisan aeroshell-nya sendiri memiliki diameter 80 cm, dan dibuat menggunakan material yang sama seperti yang digunakan untuk membuat pakaian anti api.
Perangkat perlindungan ini digelembungkan agar terbuka seperti parasut, serta memakan waktu sekitar tiga bulan untuk turun pada kecepatan yang melambat, dan tidak lagi menghadapi hambatan udara.
Pada akhirnya, lapisan aeroshell terbakar di atmosfer sekitar 95 km di atas perairan khatulistiwa Pasifik pada pertengahan bulan Mei, sesuai yang sudah dijadwalkan.
Jika cara yang sama digunakan pada pesawat ruang angkasa yang akan kembali ke Bumi, maka pesawat bisa masuk kembali ke bumi pada kecepatan yang lebih lambat, mereka dapat mencegah kemungkinan overheat, sekaligus juga meyakinkan pesawat mengalami pendaratan yang aman.
Teknologi Anime Gundam di Dunia Nyata

Bukan kali ini saja teknologi dari anime Gundam menginspirasi ilmuwan di dunia nyata, dan mungkin saja bisa mengubah masa depan manusia jika berhasil diaplikasikan di masa depan. Sebelumnya teknologi dari Gundam: The Origin, melalui Technology Lab, sekelompok tim yang menjajaki kemungkinan teknologi dari Mobile Suit Gundam: The Origin diterapkan di dunia nyata.
Tahun lalu mereka sempat melakukan wawancara dengan profesor Tatsuaki Hashimoto, control engineer di JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), salah satu dari peneliti di JAXA yang juga seorang penggemar Gundam. Topiknya adalah mengenai kemungkinan apakah MS-01 Mobile Worker (dikenalkan melalui The Origin, dan menjadi prototype  Zaku), bisa dikirimkan ke Bulan dan melakukan penelitian langsung di sana.
Sayangnya menurut sang profesor, membawa Mobile Worker seberat 70 ton ke luar angkasa masih terlalu mahal biayanya dengan kekuatan satu roket saat ini, namun mungkin dilakukan dengan beberapa roket sekaligus. Ketika masalah peluncuran teratasi, juga perlu dipikirkan bagaimana membuat mecha tersebut bisa berjalan di Bulan.
Meskipun teknologi dari anime Gundam masih terlalu dini bisa diterapkan di dunia nyata, namun banyak yang yakin di masa depan kita akan bisa melihat robot-robot besar tersebut dan juga teknologinya yang eksis di anime Gundam, dan bahkan mungkin bisa mengubah masa depan manusia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Technology Everywhere - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -